RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD I PAYAMAN
Kelas/Semester : 5/1
Tema : 4. Sehat
Itu Penting
Sub
Tema : 2. Pola Hidup Sehat
Pembelajaran
:
2
Alokasi Waktu : 1 hari
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
IPA
4.8 Menyajikan laporan
tentang jenis penyakit yang berhubungan
dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
Indikator
1. Menyebutkan
jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh pada sistem pencernaan manusia.
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang
proses daur air, rangkaian listrik,sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan,
tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
Indikator
1. Mendiskripsikan faktor penyebab gangguan organ tubuh pada sistem pencernaan manusia.
C. Tujuan
pembelajaran:
1. Dengan menjawab pertanyaan
dari guru tentang pentingnya
pola hidup sehat, siswa dapat
menyebutkan pentingnya menerapkan pola
hidup sehat dengan percaya diri.
2. Dengan mengamati alat
peraga organ pencernaan manusia, siswa dapat mengidentifikasi organ
pencernaan manusia dengan teliti.
3. Dengan membaca teks
tentang penyakit maag, siswa dapat
mengetahui penyakit maag dan
penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia dengan mandiri.
D. Materi Ajar
1.
Teks
bacaan
mengenai Maag atau Tukak Lambung
(buku siswa hal 55)
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan :
Scientific
2. Metode :
Tanya jawab, diskusi, dan ceramah
3. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a. Pra
kegiatan
a.
Guru mempersiapkan materi ajar,
model dan alat peraga (tanggung jawab)
1) Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan
salam (religius)
2) Siswa
memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran. (religius)
3) Guru
melakukan presensi (disiplin)
4) Pengkondisisan
kelas
b. Kegiatan
awal
1) Guru
memotivasi siswa untuk semangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan
dilakukan dengan memperkenalkan diri kepada siswa.
2) Apersepsi
Dengan metode tanya jawab, tentang
kegiatan sebelum berangkat ke sekolah. (rasa ingin tahu dan perhatian)
3) Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari.
(tanggung jawab dan disiplin)
|
1
hari
|
IntiInti
|
Langkah-langkah
kegiatan 1 :
1.
Guru meminta siswa mengamati alat
peraga mengenai organ pencernaan makanan
pada tubuh manusia. (mengamati)
2.
Salah satu siswa diminta maju ke
depan untuk menunjukkan salah satu organ pencernaan makanan pada tubuh
manusia dengan menggunakan alat
peraga. ( mencoba)
3.
Guru memberikan pertanyaan
pancingan mengenai salah satu bagian organ pencernaan makanan pada tubuh
manusia kepada siswa agar siswa aktif bertanya ( menanya )
4.
Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi setiap jawaban siswa, termasuk
jika ada jawaban yang aneh. (mengkomunikasikan)
5. Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 3-4 orang
6. Guru
membagikan teks bacaan yang berjudul Maag atau Tukak Lambung kepada setiap
kelompok .
7. Setiap
kelompok diminta untuk mengidentifikasi faktor penyebab penyakit Maag atau Tukak
Lambung. ( menalar)
8. Guru
meminta siswa maju ke depan mewakili kelompoknya untuk membacakan hasil
diskusinya.
Dan kelompok
yang lain menanggapi. (mengkomunikasikan)
9. Guru menegaskan kembali
dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.
|
|
Penutup
|
1. Guru
bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan.
2. Guru
mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum
dipahami siswa.
3. Guru
bersama siswa mengoreksi pekerjaan siswa.
4. Guru
memberikan pengayaan bagi siswa yang nilainya telah memenuhi dan remedial
bagi siswa yang belum memenuhi.
5. Guru
memberikan motivasi dan pengarahan serta memberikan pekerjaan rumah kepada
siswa.
|
|
F.
Media
dan Sumber Belajar
a. Media : Alat peraga mengnai organ pencernaan pada
tubuh manusia
b. Sumber
belajar :
Kemendikbud.2013. Sehat
itu Penting 4 Buku tematik terpadu kurikulum 2013 Buku siswa SD/MI kelas 5. Jakarta:Kementerian pendidikan
dan kebudayaan
Kemendikbud.2013. .Sehat itu Penting 4 Buku
tematik terpadu kurikulum 2013 Buku guru SD/MI
kelas 5. Jakarta:Kementerian pendidikan dan kebudayaan
G.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : selama
proses pembelajaran
b. Penilaian
Pengetahuan : setelah proses
pembelajaran berupan tes uraian
2.
Bentuk
Instrument Penilaian
a. Rubrik Penilaian IPA
Kriteria
|
BaikSekali
|
Baik
|
Cukup
|
PerluBimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri dan factor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung
|
Menyebutkan ciri-ciri dan faktor
penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung dengan tepat dan benar.
|
Menyebutkan ciri-ciri
dan factor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung dengan benar.
|
Menyebutkan ciri-ciri dan kurang
tepat menyebutkan faktor penyebab
penyakit Maag atau Tukak Lambung dengan
|
Tidak dapat Menyebutkan ciri-ciri
dan factor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung
|
b.
Rubrik
Penilaian Bahasa Indonesia
Kriteria
|
BaikSekali
|
Baik
|
Cukup
|
PerluBimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Keterampilan
berbicara
|
pengucapannya secara keseluruhan lancar dan jelas
serta dapat dimengerti
|
pengucapannya secara keseluruhan sebagian dengan
lancer dan jelas tetapi
dapat dimengerti
|
Pengucapannya
tidak lancer dan kurang jelas
tetapi masih dapat ditangkap
maksudnya oleh pendengar
|
Pengucapannya secara keseluruhan betul- betul
tidak jelas dan tidak dapat dimengerti
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
....................................
|
Semarang, 8 oktober 2014
Guru Kelas
Siti naila Syaadah
................................
NPM: 12120352
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar