Minggu, 12 Oktober 2014

RPP tematik kurikulum 2013 kelas 5 smt.1 Tema 4 Subtema 2



RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                  :  SD I PAYAMAN
Kelas/Semester                        : 5/1
Tema                                       : 4.  Sehat Itu Penting
Sub Tema                                : 2. Pola Hidup Sehat
Pembelajaran                           : 2
Alokasi Waktu                        : 1 hari

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
IPA
4.8  Menyajikan laporan tentang jenis  penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ tubuh manusia.
Indikator
1. Menyebutkan  jenis-jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada organ  tubuh pada sistem pencernaan  manusia.
    Bahasa Indonesia
3.2  Menguraikan isi teks penjelasan  tentang proses daur air, rangkaian listrik,sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator
1.      Mendiskripsikan  faktor  penyebab gangguan organ  tubuh pada sistem pencernaan  manusia.

C.  Tujuan pembelajaran:
1.    Dengan  menjawab  pertanyaan  dari  guru tentang  pentingnya  pola  hidup           sehat, siswa  dapat menyebutkan  pentingnya menerapkan pola hidup sehat dengan percaya diri.
2.    Dengan mengamati alat  peraga organ pencernaan manusia, siswa dapat mengidentifikasi organ pencernaan manusia dengan teliti.
3.    Dengan  membaca  teks  tentang penyakit  maag,  siswa dapat  mengetahui penyakit maag dan penyakit-penyakit pada organ pencernaan manusia dengan mandiri.

D.  Materi Ajar
1.      Teks bacaan mengenai Maag atau Tukak Lambung (buku siswa hal 55)

E.  Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan           :  Scientific
2.      Metode                  :  Tanya jawab, diskusi, dan ceramah
3.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
     Alokasi waktu
Pendahuluan
a.    Pra kegiatan
a.    Guru mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga (tanggung jawab)
1)   Guru membuka pelajaran dengan  mengucapkan salam (religius)
2)   Siswa memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran. (religius)
3)   Guru melakukan presensi (disiplin)
4)   Pengkondisisan kelas
b.   Kegiatan awal
1)      Guru memotivasi siswa untuk semangat dalam mengikuti proses pembelajaran yang akan dilakukan dengan memperkenalkan diri kepada siswa.
2)      Apersepsi
Dengan metode tanya jawab, tentang kegiatan sebelum berangkat ke sekolah. (rasa ingin tahu dan perhatian)
3)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan pokok-pokok materi yang akan dipelajari. (tanggung jawab dan disiplin)


1 hari
IntiInti
Langkah-langkah kegiatan 1 :
1.    Guru meminta siswa mengamati alat peraga mengenai organ pencernaan makanan  pada  tubuh manusia. (mengamati)
2.      Salah satu siswa diminta maju ke depan untuk menunjukkan salah satu organ pencernaan makanan pada tubuh manusia  dengan menggunakan alat peraga. ( mencoba)
3.      Guru memberikan pertanyaan pancingan mengenai salah satu bagian organ pencernaan makanan pada tubuh manusia kepada siswa agar siswa aktif bertanya ( menanya )
4.      Guru  mengkonfirmasi dan mengapresiasi            setiap jawaban siswa, termasuk jika ada jawaban yang aneh. (mengkomunikasikan)
5.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 3-4 orang
6.    Guru membagikan teks bacaan yang berjudul Maag atau Tukak Lambung kepada setiap kelompok .
7.    Setiap kelompok diminta untuk mengidentifikasi faktor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung. ( menalar)
8.    Guru meminta siswa maju ke depan mewakili kelompoknya untuk membacakan hasil diskusinya.
Dan kelompok yang lain menanggapi. (mengkomunikasikan)
9.    Guru menegaskan   kembali dan mengapresiasi setiap hasil kerja siswa.


Penutup
1.    Guru bersama siswa membuat kesimpulan berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.    Guru mengadakan refleksi dengan menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipahami siswa.
3.    Guru bersama siswa mengoreksi pekerjaan siswa.
4.    Guru memberikan pengayaan bagi siswa yang nilainya telah memenuhi dan remedial bagi siswa yang belum memenuhi.
5.    Guru memberikan motivasi dan pengarahan serta memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.



F.     Media dan Sumber Belajar
a.       Media                          :  Alat peraga mengnai organ pencernaan pada tubuh manusia
b.      Sumber belajar             :
Kemendikbud.2013.  Sehat itu Penting 4 Buku tematik terpadu kurikulum 2013 Buku siswa SD/MI  kelas 5. Jakarta:Kementerian pendidikan dan kebudayaan
Kemendikbud.2013. .Sehat itu Penting 4  Buku tematik terpadu kurikulum 2013 Buku guru SD/MI  kelas 5. Jakarta:Kementerian pendidikan dan kebudayaan


G.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                        : selama proses pembelajaran
b.      Penilaian Pengetahuan            : setelah proses pembelajaran berupan tes uraian
2.      Bentuk Instrument Penilaian
a.       Rubrik Penilaian IPA
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan factor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung
Menyebutkan ciri-ciri dan faktor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung dengan tepat dan benar.
Menyebutkan ciri-ciri dan factor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung dengan  benar.
Menyebutkan ciri-ciri dan kurang tepat menyebutkan  faktor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung dengan
Tidak dapat Menyebutkan ciri-ciri dan factor penyebab penyakit Maag atau Tukak Lambung

b.      Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Kriteria
BaikSekali
Baik
Cukup
PerluBimbingan
4
3
2
1
Keterampilan berbicara
pengucapannya secara keseluruhan lancar dan jelas serta dapat dimengerti
pengucapannya secara keseluruhan sebagian dengan lancer dan jelas tetapi dapat dimengerti
Pengucapannya tidak lancer dan kurang jelas tetapi masih dapat ditangkap maksudnya oleh pendengar
Pengucapannya secara keseluruhan betul- betul tidak jelas dan tidak dapat dimengerti


Mengetahui,
Kepala Sekolah 

....................................

Semarang, 8 oktober 2014

Guru Kelas

Siti naila Syaadah
................................
NPM: 12120352

Tidak ada komentar:

Posting Komentar